MayZona.com

Switch to desktop

Minggu, 11 Februari 2018 18:40

Dirjen Tanaman Pangan Panen Raya di Desa Botta

Dirjen Tanaman Pangan Sumarjo Gatot panen raya di desa Botta Suli kabupaten Luwu Dirjen Tanaman Pangan Sumarjo Gatot panen raya di desa Botta Suli kabupaten Luwu

MAYZONA.COM (SULI/LUWU) - Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Sumarjo Gatot melakukan panen raya di Desa Botta Kecamatan Suli Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Minggu.

Menurut Dijen, luas lahan pertanian pada musim tanam (MT) Januari-Februari 2018 secara nasional mencapai 2,7 juta Ha dengan perkiraan produksi rata-rata 5,2 ton/Ha.

Hasil produksi pada ubinan panen perdana tersebut yang dilakukan Dirjen bersama Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulsel, Kadis Tanamanm Pangan Luwu Andi Pangerang, Asisten I Pemkab Luwu, Dandim, Kapolres Luwu, mencapai 6,8 ton/hektar pada lahan seluas 30.000 ha yang tersebar di 13 desa kecamatan Suli.

Kadis Pertanian Tanaman Pangan Luwu Ir. Andi Pangerang mengatakan, produksi beras kabupaten Luwu memcapai 300.000 ton/tahun, sementara kebutuhan komsumsi masyarakat setempat hanya 40.000 ton/tahun, sehingga daerah ini setiap tahunnya menglamai surplus beras.

Pada musim tanam (MT) Januari 2018 telah mencapai 9.000 ha sementara pada MT Februari mencapai 20.000 Ha lebih, ujar Pangerang.

Dirjen meminta agar tidak ada waktu jedah yang mengakibatkan lahan terlantar, tetapi habis panen harus turun sawah lagi atau menanam palawija.

Luwu adalah salah satu daerah lumbung beras di Sulsel yang masuk dalam wilayah sentra produksi pangan (Bosowasipilu), Bone, Soppeng, Wajo, Sidrap Pinrang dan Luwu. Sementara Luwu terdiri atas empat kabupaten/kota, yakni kabupaten Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur, dan Kota Palopo. (sm)

Beri Komentar

Bidang dengan tanda bintang (*) wajib diisi

MayZona.com © 2014 - 2015. All Rights Reserved

Top Desktop version